Workshop Sainspreneur

Workshop Sainspreneur

Prodi pendidikan IPA FKIP Pancasakti Tegal melaksanakan Workshop Sainspreneur pembuatan kokodema. kegiatan ini dilaksanakan secara luring di kampus UPS Tegal. Sasaran workshop ini adalah anggota HMPS Prodi pendidikan IPA. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa IPA untuk berwirausaha sekaligus memanfaatkan limbah serabut kelapa untuk dibuat menjadi Kokodema.

Kegiatan ini diketuai oleh Bayu Widiyanto,M.Si., sedangkan peserta workshop ini adalah anggota HMPS dan mahasiswa semester 2 prodi IPA. Sesi pertama kegiatan ini dimulai dari pembekalan tentang apa itu Kokodema yang disampaikan oleh Yuni Arfiani, M.Pd. Materi berikutnya tentang motivasi wirausaha dan strategi pemasaran offline dan online oleh Isrotun Mangesti, M.Pd. yang dilaksanakan di dalam kelas. Sesi kedua pelaksanaan praktek langsung pembuatan Kokodema oleh Bayu Widiyanto, M.Si. yang  dilaksanakan di Green House Prodi Pendidikan IPA.

Kokedema merupakan media tanam dari tanaman hias yang terbuat dari lumut atau serabut kelapa yang dibuat bulat diberi hiasan dari benang atau media lainnya, sehingga akan menambah daya seni dan nilai ekonomi dari tanaman tersebut. Ini juga cocok untuk pertumbuhan tanaman hias karena Kokodema menyediakan nutrisi untuk tanaman bila dibandingkan dengan pot plastik yang berfungsi hanya sebagai wadah.

Kegiatan ini bermanfaat meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, sekaligus memanfaatkan limbah serabut kelapa yang jarang sekali dimanfaatkan. Hasil kegiatan ini setiap mahasiwa membuat dua Kokodema yang dibuat dari dua tanaman yang nantinya akan dijual melalui instagram kewirausahaan HMPS. Setiap mahasiswa dibantu dosen akan mempromosikan hasil produk tersebut, sehingga akan menjadi pemasukan bagi HMPS.(ayu/2022)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.