English Contest 2022

English Contest 2022

Kembali, Pendidikan Bahasa Inggris UPS Tegal Menggelar English Contest yang Diikuti Ratusan Pelajar se-Pulau Jawa

Acara rutin tahunan English Contest (EC) kembali digelar pada hari Minggu (27/03/22) kemarin. English Contest merupakan event kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBI dengan Program Studi PBI yang diselenggarakan sejak tahun 2009. Dalam penyelenggaraan EC kali ini diikuti 359 peserta yang berasal dari pelajar SMA/MA/SMK/MAK se-pulau Jawa. Mengingat kondisi pandemi belum berakhir, English Contest 2022 dilaksanakan secara daring. Meskipun demikian, antusiasme masyarakat begitu tinggi nampak dari jumlah total peserta yang mencapai kenaikan tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Terdapat lima mata lomba yang dibuka pada pelaksanaan EC 2022 kali ini, yakni Speech, News Reading, Story Telling, Poem Writing and Recitation, dan Singing. Keseluruhan mata lomba dilaksanakan secara daring dalam dua babak, babak penyisihan dan babak final. Ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Yuvita, M.Pd, mengatakan bahwa pihaknya melibatkan kurang lebih 30 juri baik juri internal maupun eksternal dalam event kali ini. Beliau juga merasa bangga terhadap para mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan EC 2022 yang dalam waktu 3 bulan berhasil mendapatkan banyak peserta dan mengorganisir perhelatan dengan sukses.

Lebih lanjut ketua panitia EC 2022, Zain Miswa Pamungkas, menambahkan animo peserta yang cukup tinggi didapat dari gigihnya panitia dan dosen melakukan promosi dari segala lini, mengirim surat elektronik (email) ke sekolah-sekolah, mempublikasikan melalui media sosial dan akun promo gratis di tiap daerah, serta menghubungi pihak sekolah melalui sambungan telepon. Upaya ini terbukti menuai hasil yang memuaskan dengan pencapaian jumlah peserta yang melebihi target. Adapun teknis perlombaan adalah enam finalis masing-masing mata lomba dari babak penyisihan berkompetisi lagi di babak final secara live melalui zoom meeting. Dari 30 finalis diperoleh hasil juara umum English Contest 2022 diraih oleh SMAK Penabur Cirebon yang menyabet juara pertama dan runner up pertama pada mata lomba Speech dan meraih juara pertama di mata lomba News Reading. Seperti pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, peraih juara umum berhak mendapat piala rektor bergilir yang langsung diserahkan secara simbolis oleh Rektor UPS Tegal, Dr. Taufiqulloh, M.Hum.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.