Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pertama kali didirikan pada tahun 1979 dan mendapatkan pengesahan pada tahun 1980. Dalam perkembangannya, sampai saat ini Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan menaungi 8 Program Studi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa,Sastra Indonesia Daerah (PBSID), Pendidikan Matematika (PMTK), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Ekonomi (PE),  Pendidikan IPA, dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).  Seluruh Program Studi yang ada telah terakreditasi oleh BAN PT.

Berpijak pada jati diri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan guna memenuhi kebutuhan stakeholders maka azas otonomi, akuntabilitas dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan melalui capaian dalam meningkatkan akreditasi selalu dibangun dan dikedepankan dalam rangka mencapai Visi, Misi dan Tujuan. Secara bertahap dan berkesinambungan dituangkan dalam Renstra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terus melakukan peningkatan mutu baik mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan di bidang akademik, administrasi, kemahasiswaan, maupun sarana dan prasarana.

Dengan tenaga pendidik berkualifikasi Guru Besar dan Doktor, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berupaya terus untuk meningkatkan mutu dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki tiga poin utama yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Berkaitan dengan sarana pendukung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah memiliki ruang kelas yang cukup memadai, 3 laboratorium Bahasa, 2 Laboratorium Komputer, Perpustakaan, dan Laboratorium Micro Teaching yang representatif, berikut sarana-sarana pendukung lain seperti komputer, LCD, OHP, dan sebagainya. Sehingga diharapkan menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing baik dalam maupun luar negeri, dan berkepribadian Pancasila.