98 Calon Wisudawan FKIP UPS Tegal Dilepas, Dekan: Life Skill Satu Hal Yang Harus Diperhatikan

98 Calon Wisudawan FKIP UPS Tegal Dilepas, Dekan: Life Skill Satu Hal Yang Harus Diperhatikan

Sebanyak 98 calon wisudawan dari Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal (UPS Tegal) melaksanakan prosesi pelepasan calon wisudawan bertempat di Hotel Bahari Inn Tegal, Rabu (23/3/22). Kegiatan mengambil tema” Mencetak pendidik berkualitas pada era society 5.0″. Penyelenggara acara tetap menerapan protokol kesehatan covid 19 dengan memakai masker, cek suhu, dan menjaga jarak.

Acara dihadiri oleh Perwakilan Yayasan Pendidikan Pancasakti, Perwakilan Rektorat, Dekan, Direktur Pascasarjana UPS Tegal, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan FKIP UPS Tegal.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UPS Tegal Dr. Suriswo, M. Pd mengatakan, setelah menyandang gelar Sarjana Pendidikan banyak tantangan yang harus diselesaikan. Namun tidak boleh bimbang dan cemas dalam menghadapi persoalan, karena semakin dekat dengan cita-cita maka akan banyak problem yang harus dihadapi.

Dengan kondisi yang demikian justru semakin menambah pribadi yang dewasa dan tangguh dalam menghadapi persoalan hidup. Selain penguasaan ilmu selama kuliah di FKIP UPS Tegal, seyogyanya kalian terus belajar menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Kecakapan hidup (life skill) salah satu yang perlu diperhatikan.

Hidup di era yang serba cepat dan kompleks, Dekan menuntut lebih mempersiapkan secara matang dalam menghadapi perubahan dunia yang serba cepat ini. Belum lama ini dunia sedang menghadapi era society 5.0. Untuk menjawab tantangan Revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 dalam kehidupan dunia saat ini maka diperlukan kecakapan hidup (life skill) abad 21 yaitu dengan 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, and Collaboration).

Segeralah kalian menjadi kupu-kupu, mengapa? Karena dalam filosofi kupu-kupu yaitu ada metamorfosa (perubahan). Paling tidak, ada 4 perubahan yang perlu disikapi oleh kalian dalam menghadapi era society 5.0 tersebut, yaitu perubahan bentuk/tampilan. Seyogyanya setelah menjadi Sarjana Pendidikan harus ada perubahan dalam penampilan.

Kedua Perubahan struktur, setelah menjadi Sarjana Pendidikan lebih dewasa dan matang dalam menghadapi masalah.
Ketiga perubahan pergerakan, setelah menjadi Sarjana Pendidikan harus memiliki mobilitas tinggi dan jaringan yang luas, dan keempat perubahan fokus, setelah menjadi Sarjana memiliki fokus ke depan yang lebih baik.

Sementara itu, Wakil Rektor I Dr. Purwo Susongko, M. Pd. mengatakan, Guru adalah profesi yang diakui dan dijamin tunjangannya oleh Pemerintah. Profesi guru tetap dibutuhkan tidak terdampak oleh era disruption. Guru yang menguasai Teknologi pembelajaran dan media yg mampu bersaing di era milenial.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Pancasakti Dr. Ir. Suyono. M.Si. mengucapkan selamat kepada calon wisudawan dan terima kasih atas kepercayaan calon wisudawan/wati dan keluarga telah memilih UPS Tegal untuk kuliah.
Dikatakannya, Yayasan terus berkomitmen mengupayakan penyediaan fasilitas/sarpras akademik dan non akademik bagi UPS Tegal termasuk FKIP di dalamnya.

Lulusan keguruan dan ilmu pendidikan memiliki peluang pekerjaan yg luas, tetap diperlukan oleh Lembaga Pendidikan milik Pemerintah maupun masyarakat dan tidak bisa digantikan oleh robot/AI, artificial intelegent.
Para alumni FKIP harus dapat menjadi pembaharu dan fasilitator peningkatan kualitas sekolah/lembaga pendidikan.
Selanjutnya, Calon wisudawan FKIP UPS Tegal ini akan melaksanakan wisuda tingkat Universitas pada Sabtu 26 maret 2022.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.