UJIAN KOMPETENSI PENGHAYATAN PANCASILA (UKPP)

UJIAN KOMPETENSI PENGHAYATAN PANCASILA (UKPP)Tema “Menumbuhkan Karakter Kepancasilaan bagi Generasi Emas Bangsa Indonesia di Era 5.0”

Tegal, 11 September 2021, Fakultas keguruan dan Ilmu keguruan menyelenggarakan acara Uji Kompetensi Penghayatan Pancasila (UKPP)  dengan tema Menumbuhkan Karakter Kepancasilaan bagi Generasi Emas Bangsa Indonesia di Era 5.0 secara daring melalui aplikasi zoom. Kegiatan Ini dilaksanakan selama 1 hari pada hari Sabtu, Tanggal 11 September 2021 Via Daring, dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meet mulai pukul 08.30 WIB s.d pukul 12.00 WIB. Acara ini dilakasanakan menjadi 2 sesi, sesi yang pertama di isi dengan workshop dimana materinya terkait PANCASILA yaitu materi yang berjudul membentuk karakter Pancasila bagi generasi mileniel oleh Dr. H. Imawan Sugiarto, M.H. sedang kegiatan kedua di isi dengan Ujian Kompetensi Penghayatan Pancasila (UKPP) dengan aplikasi google form.

Dalam sambutanya Dekan FKIP Dr. Suriswo.M.Pd  mengatakan “Para alumni FKIP UPS Tegal menjelang  akan dilepas oleh Fakultas selalu mendapat pembekalan  berupa materi penghayatan dan pengamalan Pancasila. Setelah mendapat pembekalan para peserta  melakukan tes uji kompetensi penghayatan dan pengamalam Pancasila (UKPP). Dengan program UKPP  yang diselenggarakan setiap semester diharapkan para Alumni mampu menerpkan kehidupan yang berpancasilais dalam kehidupan sehari hari. Pembentukan karakter yang berpancasila yang melekat kepada para alumni FKIP yang nanti akan terjun selalu terceirmin dalam kehidupan baik di dalam duna kerja maupun baik maupun dalam kehidupan bermasyarakat.”

Dasar Pelaksanaan :

Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Nomor : 228/SK/A-2/FKIP-UPS/VIII/2021

Tujuan

  1. Mengukur Ketercapaian Visi Fakultas dalam hal jati diri sebagai Fakultas Pancasila
  2. Mengukur Penghayatan dan penanaman nilai – nilai pancasila calon lulusan FKIP UPS Tegal
  3. Menciptakan Lulusan yang memiliki kesetiaan kepada ideologi Pancasila

Peserta

            Peserta Uji Kompetensi Penghayatan Pancasila adalah mahasiswa FKIP UPS Tegal berjumlah 97 mahasiswa yang berasal dari beberapa prodi di lingkungan FKIP UPS Tegal, yaitu

BK : 30 Mahasiswa

PPKN  : 10 Mahasiswa

PE        : 23 Mahasiswa

PBSI     : 33  Mahasiswa

PBI       : 14 Mahasiswa

PMTK : 63 Mahasiswa

P. IPA  : 13 Mahasiswa

.

Sumber Dana

            Sumber dana pada pelaksanaan kegiatan UKPP ini berasal dari kontribusi peserta/mahasiswa UKPP T.A 2020/2021.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.