Gelar Yudisium dan Pelepasan Bagi 224 Calon Wisudawan

Gelar Yudisium dan Pelepasan Bagi 224 Calon Wisudawan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melepas 224 calon wisudawan dan wisudawati dalam yudisium sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan ini dilakukan secara offline di Hotel Bahari Inn.(22/9)

Wisudawan Terbaik FKIP dengan IPK 3,92 dari Prodi Pendidikan IPA Avila Aras, S.Pd. Kegiatan ini di hadiri seluruh Senat FKIP, tamu undangan dari berbagai Fakultas, Wakil Rektor 1 UPS, dan Ketua Yayasan Pancasakti.

Dalam sambutanya Ketua Yayasan Pancasakti Dr. Himawan Sugiharto, SH., MH, menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung Internasionalisasi dan Digitalisasi Rektor UPS. Beliau berharap UPS khususnya FKIP UPS nantinya akan di kenal seluruh elemen masyarakat di tingkatan masyarakat nasional ataupun internasional. Dan beliau berharap calon lulusan FKIP nantinya akan tetap berpegang teguh pada Pancasila, ataupun menjadi guru Pancasilais. Beliau berharap nantinya ada S3 khusus Ilmu Pendidikan.

Di waktu yang sama Wakil Rektor 1 UPS  menyampaikan  FKIP UPS secara kelembagaan mempunyai tanggung jawab yg besar terhadap dunia pendidikan karena diberikan kewenangan menyelenggarakan pendidikan dari tingkat s1, tingkat profesi guru baik dalam jabatan maupun pra jabatan hingga program pascasarjana pedagogi. Kedepan diharapkan FKIP bisa mempunyai program doktor ilmu Pendidikan. Tahun ini FKIP dipercaya pemerintah melaksanakan PPG Prajabatan pada rumpun ilmu Pendidikan Mipa,  Pendidikan  Sosial, serta Pendidikan  Bahasa dan Sastra  Pendidikan. Tak dapat dipungkiri, keterampilan beradaptasi menjadi hal krusial yang mutlak harus dimiliki seorang guru selain profesionalisme itu sendiri.

Sedangkan Dekan FKIP UPS Dr. Suriswo M.Pd menyampaikan, banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini. Termasuk yang harus dilakukan oleh dunia pendidikan sebagai gerbang utama dalam mempersiapkan SDM unggul. Untuk menghadapi era society 5.0 ini dunia  pendidikan pun membutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk “Merdeka Belajar” ini.

Dalam menghadapi era society ada dua hal yang harus dilakukan yaitu adaptasi .Untuk menjawab tantangan era  Society 5.0 dalam dunia pendidikan diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration). Diharapkan guru menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar, mendidik, menginspirasi serta menjadi suri teladan,

Para calon wisudawan/wisudawati ini sudah siap terjun ke masyarakat dan menghadapi tantangan global.“Tantangan ke depan adalah tantangan yang tidak mudah, tapi kami yakin Anda sekalian sudah siap. Anda sekalian sudah ditempa di kawah candradimuka, di Program Studi, yang tidak hanya memberi hardskill, tetapi juga softskill sehingga siap menghadapi tantangan global saat ini.

Ucapan  selamat serta rasa bangga pada para calon wisudawan/wisudawati. “Kalian adalah generasi-generasi penerus bahwa  kalian menjadi pribadi yang percaya diri, bekerja keras, mandiri, inovatif, dan membawa perubahan dalam dunia global saat ini. Kami melepas kalian  dengan bangga dan segudang harapan,”

Yudisium atau sarjana bukan berarti awal atau akhir dari suatu kegiatan, ini merupakan suatu awal untuk melangkah lebih kedepan yang kita ketahui bahwa tantangannya tidak semudah dibandingkan yang kalian  bayangkan. Tetapi saya yakin apa yang telah dilakukan yang telah didapatkan pada saat kuliah, maka itu akan mudah dilewati walau seberat apa pun saya yakin bahwa kalian  dapat melewati dan sukses.(ayu/2022)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.