FKIP UPS Tegal Laksanakan Penghayatan Pengamalan Pancasila, Pemateri Utama Imawan Sugiharto

FKIP UPS Tegal Laksanakan Penghayatan Pengamalan Pancasila, Pemateri Utama Imawan Sugiharto

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan kegiatan Penghayatan Pengamalan Pancasila dengan tema “ Penguatan nilai Pancasila sebagai pembentukan karakter calon guru Pancasilais FKIP UPS Tegal” pada Jumat (18/3/22).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Dekan FKIP UPS Tegal Dr. Suriswo M.Pd. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan, guru merupakan sosok penting dalam pembangunan pendidikan sebuah bangsa. Tugas guru bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik, menanamkan nilai moral dan norma agar setiap anak didik menjadi warga negara yang cerdas dan baik (smart and good citizenship).

Dilaksanakan ditengah pandemi covid 19 secara daring melalui zoom meeting, kegiatan ini diikuti oleh 98 mahasiswa (calon wisudawan) FKIP UPS Tegal yang akan di wisuda. Sementara Pelepasan Calon wisudawan FKIP UPS Tegal akan dilaksanakan 23 Maret 2022. Pembinaan  Ideologi Pancasila merupakan ciri khas  mahasiswa FKIP UPS Tegal,  setiap akan dilakukan pelepasan wisudawan FKIP  dilakukan Pembinaan Ideologi Pancasila dan dilanjutkan Tes Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (TP3).

Tujuan Kegiatan ini memberikan pembekalan kepada calon wisudawan FKIP UPS Tegal tentang penguatan nilai Pancasila sebagai dasar pembentukan karakter calon guru yang Pancasilais.

Kegiatan ini di isi oleh Dr. Imawan Sugiharto. S.H., M.H. sebagai pemateri utama,  yang selanjutnya tanya jawab mahasiswa dengan pemateri. Untuk berikutnya kegiatan inti yaitu  uji/tes kompetensi Pancasila melalui aplikasi Google Form.

Dr. Himawan Sugiharto, S.H., M.H. memberikan materi terkait pembentukan  karakter calon guru lewat nilai-nilai Pancasila yang didalamnya memuat, memahami arti guru dan mengenal lebih dalam Ideologi Pancasila.

Kecerdasan yang diharapkan tentunya cerdas secara spiritual, sosial, dan intelektual. Sedangkan baik dalam artian memiliki sikap dan perilaku yang baik seperti jujur, mandiri, kreatif, disiplin, taat hukum, bertanggung jawab, toleran, demokratis, dan sebagainya.

Guru adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Dalam konteks pelestarian Pancasila sebagai ideologi bangsa, guru juga berperan sebagai pelestari ideologi bangsa dimana guru adalah pelestari Pancasila.

Guru sebagai pelestari Pancasila adalah sikap, perkataan, dan perbuatan guru yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, dan hal itu bisa dilakukan mulai dari lingkungan yang paling kecil seperti lingkungan keluarga, kelas, sekolah, dan masyarakat. Guru merupakan figur publik yang menjadi perhatian, suaranya didengar dan perilakunya biasanya dicontoh oleh anak didik dan masyarakat.

Semoga  kegiatan ini bermanfaat dan memberikan bekal kepada lulusan FKIP UPS Tegal untuk terjun di masyarakat dengan tetap melestarikan Ideologi Pancasila dalam kehidupannya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.