Kegiatan Prodi. Pendidikan IPA

Program studi Pendidikan IPA UPS Tegal, sebagai salah satu institusi yang bertanggung jawab baik secara akademik maupun secara visioner  terhadap peningkatan literasi sains masyarakat merasa perlu untuk melakukan kegiatan kegiatan yang beroerientasi terhadap peningkatan literasi sains masyarakat baik dalam sektor pengetahuan, proses , aplikasi maupun sikap terhadap sains yang dimiliki oleh masyarakat. Kegiatan tersebut dapat berupa  edukasi , konsultasi bahkan advokasi terhadap penggunaan produk sains dan teknologi yang beredar di masyarakat.

Pendidikan IPA/ sains memiliki peran yang penting dalam menyiapkan anak memasuki dunia kehidupannya. Sains pada hakekatnya merupakan sebuah produk dan proses. Produk sains meliputi fakta, konsep, prinsip, teori dan hukum. Sedangkan proses sains meliputi cara-cara memperoleh, mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang mencakup cara kerja, cara berfikir, cara memecahkan masalah dan cara bersikap. Oleh karena itu sains dirumuskan secara sistematis, terutama didasarkan atas pengamatan eksperimen dan induksi. Pendidikan sains memiliki potensi yang besar dan peranan strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Potensi ini akan dapat terwujud jika pendidikan sains mampu melahirkan siswa yang cakap dalam bidangnya dan berhasil menumbuhkan kemampuan berpikir logis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, bersifat kritis, menguasai teknologi serta adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman.

Berikut kegiatan Prod. Pendidikan IPA UPS Tegal:

1. Pancasakti Science Exhibition 2016

2. Kegiatan Lingkungan 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>