Jejak Karier Alumni Pendidikan Matematika: Talkshow Inspiratif Mengungkap Peluang Karier di Dunia Pendidikan dan Non Pendidikan

Jejak Karier Alumni Pendidikan Matematika: Talkshow Inspiratif Mengungkap Peluang Karier di Dunia Pendidikan dan Non Pendidikan

HMPS Pendidikan Matematika menyelenggarakan acara Jejak Karier Alumni pada hari Sabtu, 20 Januari 2024. Jejak Karier Alumni merupakan kegiatan seminar/talkshow bersama alumni Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal sebagai narasumber yang membahas dunia pekerjaan sebagai upaya untuk mempersiapkan dana mengembangkan karier bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan edukasi mengenai peluang karier bagi mahasiswa Pendidikan Matematika disertai kiat-kiat dan gambaran apa saja yang perlu dipersiapkan untuk segera memulai langkah menuju masa depan yang cerah dan karier yang mantap.

Jejak Karier Alumni merupakan salah satu program kerja dari Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa HMPS Pendidikan Matematika FKIP UPS Tegal. Acara ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting. Pada acara ini terdapat dua bidang karier yakni bidang pendidikan dan bidang non-pendidikan. Dua narasumber yang diundang adalah Fatkhurokhman, S.Pd., dan Fariz Fadila, S.Pd. Keduanya merupakan lulusan mahasiswa Pendidikan Matematika yang berkarier di bidang yang berbeda. Selain itu, acara ini dipandu juga oleh moderator Kak Salsabilla Nur Aurora (Angkatan 2021) dan Kak Rizqi Annisa Pambayun (Angkatan 2023).

Kak Fatkhurokhman menyampaikan perjalanan karier serta kiat-kiat menjalani karier dalam dunia pendidikan. Kak Fatkhurokhman berbagi cerita dan pengalaman kariernya yang pernah menjadi guru professional matematika di jenjang MTs dan SMK serta pernah lolos dalam PPG Pra-jabatan. Sementara itu, Kak Fariz mengajak para peserta untuk membuka peluang karier yang lebih luas di luar bidang pendidikan. Ia menuturkan bahwa selain berpeluang menjadi guru professional, seorang mahasiswa Pendidikan Matematika dapat mencoba kesempatan karier sebagai Dosen, Pegawai Bank, dan seorang ­Data Expert. Seiring kemajuan zaman dan teknologi, banyak sekali peluang karier baru yang dapat dicoba seperti menjadi Data Engineer, Analytics Engineer, Data Analyst, Data Scientist, dan Machine Learning Engineer. Kak Fariz sendiri sekarang sedang bekerja sebagai Data Scientist di salah satu perusahaan ternama di Indonesia.

Acara Jejak Karier Alumni 2024 diikuti oleh lebih dari 60 peserta meliputi mahasiswa aktif, alumni, dan juga dosen Pendidikan Matematika. Harapannya acara seminar/talkshow karier seperti Jejak Karier Alumni ini dapat diselenggarakan kembali pada kemudian hari karena cukup memotivasi dan membuka pandangan bahwa banyak sekali kesempatan/peluang karier bagi lulusan mahasiswa Pendidikan Matematika.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.