Seminar Literasi Pedagogi

Seminar Literasi Pedagogi

Seminar Literasi Pedagogi kali ini mengusung tema “Peran dan Peluang Guru Penggerak dalam Penguatan Merdeka belajar Kampus Merdeka di Era Digital”, acara dilangsungkan secara daring (2/3). Kegiatan seminar diikuti dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik.

Dekan FKIP Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. membuka acara dan menyampaikan bahwa FKIP siap dan akan terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan, salah satunya melalui keterampilan tenaga pendidik. FKIP melalui visi internasionalisasi bertolak dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka akan selalu berkomitmen dalam pengembangan pendidikan.

Seminar Literasi Pedagogi kali ini menghadirkan narasumber Drs. Sri Mulyono, M.Pd (Widyaiswara Ahli Madya, Koordinator Pokja Guru Penggerak) dan Slamet Riyanto, S.Pd. (Guru Mapel IPS SMPN 2 Bumijawa, Koordinator Tim Pengembang Kurikulum Guru Penggerak Angkatan IV Kab. Tegal).

Drs. Sri Mulyono, M.Pd. selaku Kapokja TKS BBGP Jateng menyampaikan agar Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak sehingga dapat :

  • Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri.
  • Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritualuntuk berperilaku sesuai kode etik.
  • Merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua.
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid.
  • Mengembangkan dan memimpin  upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak padaa murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Slamet Riyanto, S.Pd. menyampaikan materi tentang Merdeka Belajar dimana siswa,guru dan sekolah untuk berinovasi dan melakukan kegiatan pembelajaran yang mandiri dan kreatif serta menginisiasi sebuah gerakan di masing-masing sekolah melalui guru penggerak.

   

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.