MBKM FKIP UPS Tegal, Berikan Pendidikan Karakter Pancasila bagi Pelajar melalui Program Kebhinekaan Pancasila

MBKM FKIP UPS Tegal, Berikan Pendidikan Karakter Pancasila bagi Pelajar melalui Program Kebhinekaan Pancasila

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal menggelar acara Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang dilaksanakan di Kampus SMA Al Irsyad Kota Tegal, Senin 7 November 2022.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila”, sebagai langkah awal dalam menanamkan karakter yang mempunyai jiwa Pancasila.

Dalam kesempatan itu, hadir Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, ST.,MM, Kepala SMA Al Irsyad Kota Tegal Abu Tholib, SH.,M.Si. beserta jajarannya, serta sejumlah mahasiswa FKIP UPS Tegal.

Menurut Wakil Wali Kota Tegal kegiatan pelatihan yang diberikan para mahasiswa UPS Kota Tegal ini mestinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa siswi SMA Al-Irsyad Kota Tegal.

“Pelatihan ini sangat memiliki peran bagi para siswa dan siswi dalam meniti masa depan, sehingga sejatinya pelatihan ini tidak disia-siakan tetapi harus dicerna dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Jumadi.

Sementara Kepala Sekolah Abu Tholib berharap kehadiran Wakil Wali Kota dan Mahasiswa UPS Kota Tegal di SMA Al-Irsyad akan mampu membangkitkan motivasi bagi para siswa siswi.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota Tegal dan kepedulian para mahasiswa UPS Tegal dalam meningkatkan mutu dunia pendidikan,” kata Abu Tholib.

Ketua pelaksana MBKM UPS Tegal, Ibnu Sulaiman mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya melakukan upaya perubahan ditatanan pendidikan

“Maka profil pelajar Pancasila ini akan efektif apabila dilakukan sampai ke akar rumput, kami sudah lakukan di SMP baik negeri maupun swasta, SMA negeri atau swasta dan minggu depan ke PKBM serta pondok pesantren,” ungkapnya.

Ia berharap apa yang dilakukan dapat memberikan manfaat terutama di dunia pendidikan sebagai pondasi awal generasi bangsa.

“Yang kita lakukan ini harapannya bisa memberikan karakter kepada pelajar di Kota Tegal, karena kita ketahui bahwasanya problematika pelajar itu banyak sekali,” tandasnya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.