Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Tahun 2022

Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Tahun 2022

Prodi Bimbingan dan Konseling mengadakan Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling 2022 dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Program Sekolah Penggerak”. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dan offline Aula Yayasan Pancasakti, Selasa (21/6). 

Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 250 peserta terdiri dari dalam dan luar Kota Tegal sampai luar pulau jawa, yang terdiri dari Dekan dan Dosen FKIP Universitas Persatuan Guru 1945 di Kupang NTT, Mahasiswa Universitas Muria Kudus, UNY, Universitas Enrekang Sulawesi Selatan, STKIP Andi Matappa Makasar Sulawesi,Universitas Negeri Medan, Guru BK di Purwokerto, Peserta dari Pekalongan, serta dikuti dosen dan mahasiswa BK secara online.

Dalam kegiatan Seminar Nasional kali ini, di pandu oleh Dr. Rahmad Agung Nugraha ,M.Si (moderator) dan Pemateri/ Narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Pemateri yang Pertama KAPOKJA Program Sekolah Penggerak Ditjen GTK Kemendikbudristek Dr. Medira Ferayanti, S.S.MA.

Pemateri yang kedua Ketua Widyaiswara P4TK Penjas BK Parung Bogor Dr. Arif Taufiq Dani, M.Pd dan Pemateri ke tiga Guru Besar UPS Direktur Pascasarjana UPS/Dosen BK Prof. Dr. Siti Hartinah DS.,MM.

Dalam sambutanya Dekan FKIP menyampaikan Kegiatan ini di mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00, di mulai dari seminar nasional dari ketiga narasumber dan tanya jawab dengan peserta di mulai pukul 08.00 sampai 12.00 kemudian di lanjutkan 13.00-15.30 paparan parallel untuk peserta pemakalah dan acara di tutup pukul 16.00. Makalah akan di muat di Prosiding dan jurnal JCOSE.

Pemateri Pertama menyampaikan visi Pendidikan Indonesia sebagai Pelajar Pancasila, sedangkan Pemateri ke dua memaparkan Asesmen Diagnostik non Akademik (Mendiagnosis, kemampuan dasar dan mengetahui kondidi awal peserta didik/ gaya belajar, karakter, serta minta peserta didik) menyampaikan Program Layanan Bimbingan Konseling di sekolah Penggerak.(ayu/2022)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.