Pelatihan life skill education (Kerjasama antara LKP SEKAR DAN FKIP Universitas Pancasakti Tegal)

Tegal, Sabtu 27 November 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancaasakti Tegal menyelenggarakan Pelatihan life skill education (Kerjasama antara LKP SEKAR DAN FKIP Universitas Pancasakti Tegal) dengan Tema “membangun entrepreneur mandiri professional bidang taata rias yangb berkelanjutan berbasis local” Kegiatan ini di laksanakan secara offline yang di laksanakan di Gedung FKIP UPS Tegal yang di hadiri oleh 50 peserta. Dalam kegiatan ini di isi oleh 2 pemateri sekaligus Yang Pertama Dekan FKIP Universitas Pancasakti Tegal (Dr.H.Suriswo. M.Pd) yang kedua Ibu Dr. Dewi Apriani MM.

Dalam paparanya Ibu Dr Dewi Apriani. MM. Menyampaikan  Kerjasama antara LKP Sekar kota Tegal dan Dinas pendidikan kota Tegal (bidang Pendidikan nonformal) di FKIP UPS Tegal merupakan perwujudan dan implementasi Tridharma Perguruan Tinggi baik Pengajaran, Penelitian dan  Pengabdian masyarakat . Hadirnya LKP Sekar dan dinas Pendidikan Kota Tegal (PNF) merupakan sinergitas antar pendidikan formal dan nonformal sehingga mahasiswa dan masyarakat pada umumnya terbuka wawasannya pendidikan sebagai fihak yg memproses sumber daya manusia tentunya membutuhkan dukungan semua dihak. Lebih utama bagi mahasiswa FKIP UPS yg menjelang semester akhir sebagai bekal bahwa selain menguasai dan memahami konsep ilmu dan praktek di kampus dan dimasyarakat. Materi yang disajikan dalam pelatihan Life Skill education.

Dalam pelatihan Ibu Dr Dewi Apriani  menyajikan konsep Teori dan praktek tentang :

1.Life Skill

2.Kewirausahan

3.mandiri 4.Berkelanjutan

Upaya FKIP UPS Tegal mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga profesional-profesional yg dibutuhkan dimasyarakat sesuai dg era terkini semisal Tata Rias pengantin, potong rambut, hantaran, konektor masker, masker, usaha laundry, dan jenis usaha-usaha lainnya,tdk muluk-muluk agar diharapkan lulusan FKIP marketable di masyarakat dan menekan angka pengangguran, minimal dg Life skill mahasiswa dan masyarakat terbuka wawasannya Hidup ini perlu survive yang madiri dan berkelanjuta. Dekan FKIP juga menyampaikan “Pelatihan pendidikan berorientasi kecakapan hidup (life skill)  bidang kewirausahaan  yang dilaksanakan oleh FKIP bekerjasama dengan LKP Sekar Kota Tegal berlangsung dengan baik. Kecakapan hidup (life skill) sangat diperlukan dalam memecahkan masalah kehidupan. Kecakapan hidup yang meliputi kecakapan generik (GLS) dan kecakapan hidup spesifik(SLS). Kewirausahan termasuk SLS. Dengan pelatihan kewirausahaan, diharapkan peserta pelatihan mampu meningkatkan kecakapan  berwirausaha- an baik dari kecakapan generiknya maupun spesifiknya. Membekali calon pengusaha (enterpreneur) yang mampu ,sanggup d

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.