FKIP Tambah 3 Doktor Baru

Tiga dosen dari FKIP tehal menuntaskan studi S3 baru-baru ini. Dosen tersebut adalah Dr. Rahmad Agung, S.Psi., M.Si dari prodi Bimbingan Konseling, Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. dari Prodi Bahasa Inggris, dan Dr. Faridah S.Pd., M.Si. dari prodi Pendidikan Ekonomi. Ketiga dosen tersebut telah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan Dewan Penguji Program Doktoral.
Dr. Rahmad Agung, S.Psi., M.Si. lulus sebagai Doktor Psikologi Pendidikan dari Universitas Negeri Malang pada bulan Juli lalu. Judul disertasi beliau adalah “Efek Strategi Pembelajaran Regulasi Diri terhadap Efikasi Diri Siswa SMA”. Disertasi tersebut mengulas tentang pentingnya ketrampilan non kognitif, seperti Self regulated learning (pembelajaran regulasi diri) dan Self Efficacy (efikasi diri) sebagai prediktor penting dari suatu keberhasilan akademik siswa.
Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. mengambil program doktor Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Semarang. Beliau menyorot pentingnya integrasi pemahaman lintas budaya dalam silabus perkuliahan dalam prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi akan perbedaan budaya yang menjadi dasar komunikasi lintas budaya. Judul disertasi yang diangkat adalah “Developing Cross Cultural Understanding Syllabus by Using A Cross Cultural Comparison for Endlish Department of Teacher Training and Education Faculty in Pancasakti University”
Dr. Faridah S.Pd., M.Si. lulus dari program Doktor Manajemen Kependidikan di Universitas Negeri Semarang. Beliau mengangkat judul “Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah” pada disertasinya. Beliau menguraikan perlunya pengembangan perguruan tinggi yang berorientasi kewirausahaan dan lulusan perguruan tinggi yang berkompetensi wirausaha. Oleh karena itu, beliau mengembangkan model manajemen pendidikan kewirausahaan terintegrasi tri dharma yang efektif baik dilihat dari kepentingan sudut prodi maupun terhadaap peningkata sikap wirausaha mahasiswa.
Selamat dan sukses untuk Dr. Rahmad Agung, S.Psi., M.Si. , Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. , dan Dr. Faridah S.Pd., M.Si.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.