Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal telah sukses mengadakan Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) pada hari Sabtu dan Minggu, Tanggal 18-19 Mei 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tema “ Berlatih, Tertatih, Terlatih “. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Adipura Kota Tegal dan Aula Yayasan Pancasakti Tegal.

Dalam pembukaan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa dibuka langsung oleh Dekan FKIP UPS Tegal Dr. Yoga Prihatin M.Pd, dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Dr. Munadi M.Si. LKMM merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan mahasiswa baru dari suatu organisasi. Untuk kegiatan di hari pertama pembukaan acara dilanjutkan sambutan Ketua Panitia LKMM (Widyaregina), Ketua BEM FKIP UPS Tegal (Muhammad Ali Saefudin) dan Dekan FKIP UPS Tegal. Acara inti pemaparan materi Pendidikan Kritis yang di sampaikan oleh Khusnul Aqib, public speaking oleh Izdihar Syifa, Manajemen Diri Mahasiswa oleh Heru Setiawan. Materi Problem Solving oleh Abdul Khayi, Demokrasi Kampus oleh Tommy Aziz, Lobby and Networking oleh Ariz Nur Falah, dan Analisis Sosial oleh Akhmad Syaefudin.

Pada hari kedua, para peserta LKMM melakukan kegiatan analisis sosial yaitu terjun langsung ke masyarakat untuk menganalisis keadaan warga sekitar Kecamatan Mintragen di antaranya warga RT 08, RT 09 dan RT 10. Selanjutnya di akhiri dengan pemaparan materi Manajemen Aksi yang di sampaikan oleh Ibnu Sulaiman dan dilanjutkan praktek terkait dengan materi Manajemen Aksi. Kegiatan LKMM ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sebagai bekal kepemimpinan kepada mahasiswa baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dan anggota organisasi. Kepemimpinan pada dasarnya merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan suatu kelompok untuk menuju arah dan tujuan yang ingin dicapai. Pada prinsipnya setiap orang terlahir sebagai seorang pemimpin yang dibekali dengan kemampuan kepemimpinan dengan gaya dan karakter yang berbeda-beda. Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan bangsa memiliki tanggung jawab melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan untuk generasi yang akan datang. Kegiatan keorganisasian merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki oleh setiap orang guna menghasilkan sosok keteladanan pada masa depan.

https://sinarpaginews.com/pendidikan/74839/kegiatan-lkmm-bem-fkip-ups-sukses-digelar.html

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.