FKIP Lahirkan Pelajar dan Guru Pancasilais

FKIP Lahirkan Pelajar dan Guru Pancasilais

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan kegiatan Tes Penghayatan Penilaian Pancasila dengan tema Peran Nilai Pancasila dalam Pendidikan untuk membentuk generasi emas Indonesia, Kamis (28/3).

Kegiatan ini dilakukan secara online melalui apilkasi zoom meeting pukul 08.00-11.30 wib dengan peserta sebanyak 50 mahasiswa. Tujuan kegiatan untuk memberikan pembekalan kepada calon wisudawan FKIP tentang penguatan nilai Pancasila sebagai dasar pembentukan karakter pelajar untuk membentuk calon guru yang Pancasilais.

Dr. Imawan Sugiharto. S.H.,MH. sebagai pemateri utama membahas terkait pembentukan karakter guru lewat nilai-nilai Pancasila, mulai dari konsep guru dan pelajar Pancasilais serta ideologi Pancasila secara menyeluruh. Beliau juga membahas terkait lahirnya Pancasila dan implementasi sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hidup berbangsa dan bernegara. Kegiatan dilanjutkan tanya jawab mahasiswa dengan pemateri dan kegiatan inti yaitu uji/tes kompetensi Pancasila melalui aplikasi Google Form.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan FKIP Dr. Yoga Prihatin M.Pd. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan “Guru merupakan sosok penting dalam pembangunan pendidikan sebuah bangsa. Tugas guru bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik, menanamkan nilai moral dan norma agar setiap anak didik menjadi warga negara yang cerdas dan baik (smart and good citizenship). Kecerdasan yang diharapkan tentunya cerdas secara spiritual, sosial, dan intelektual. Sedangkan baik dalam artian memiliki sikap dan perilaku yang baik seperti jujur, mandiri, kreatif, disiplin, taat hukum, bertanggung jawab, toleran, demokratis, dan sebagainya”.

Guru adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Dalam konteks pelestarian Pancasila sebagai ideologi bangsa, guru juga dapat berperan sebagai pelestari ideologi bangsa, yaitu Pancasila Guru adalah pelestari Pancasila. Guru sebagai pelestari Pancasila adalah sikap, perkataan, dan perbuatan guru yang mencerminkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila, dan hal itu bisa dilakukan mulai dari lingkungan yang paling kecil seperti lingkungan keluarga, kelas, sekolah, dan masyarakat. Guru yang yang merupakan figur publik biasa menjadi perhatian, suaranya didengar dan perilakunya biasaya dicontoh oleh anak didik dan masyarakat.

Termotivasi dari kondisi di sekolah/ perguruan tinggi yang kini hanya terfokus pada penyelesaian beban kurikulum, namun kurang memperhatikan pengajaran yang mencerminkan pelajar Pancasila, berbudaya dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan masyarakat global.

Pembinaan ideologi Pancasila dan dilanjutkan Tes Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (TP3) merupakan ciri khas mahasiswa FKIP UPS Tegal. Kegiatan dilangsungkan menjelang pelepasan wisudawan FKIP. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberikan bekal kepada lulusan FKIP untuk terjun di masyarakat dengan tetap melestarikan ideologi Pancasila dalam kehidupannya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.