Pendidikan Matematika ( PMTK )

PROFIL

Program Studi (Progdi) Pendidikan Matematika merupakan salah satu progdi yang cukup lama di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPS Tegal. Keberadaan Progdi Matematika tidak terlepas dari keinginan untuk menciptakan guru-guru Matematika yang mempunyai wawasan keilmuan matematika serta terampil dalam membelajarkan matematika. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0311/0/1982 tanggal 20 Oktober 1982, Progdi Pendidikan Matemátika FKIP UPS Tegal memperoleh status Terdaftar. Kemudian pada tanggal 29 Agustus 1984 keluarlah izin penyelenggaraan Progdi Pendidikan Matematika didasarkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 0395/0/1984.Selanjutnya pada 9 April 1992 progdi PMTK memperoleh status Diakui berdasarkan Surat Keputusan dari DIKTI Depdikbud nomor 104/DIKTI/Kep/1992.

VISI DAN MISI

Visi

Pada tahun 2023 terwujud Program Studi yang memiliki sistem dan budaya kerja sinergis sehingga mampu menghasilkan tenaga kependidikan Matematika yang profesional, berwawasan kemandirian dan berkepribadian Pancasila.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berimbang, bermutu, terencana dan konsisten sesuai dengan perkembangan matematika dan pembelajarannya, berwawasan kemandirian dengan didasari nilai-nilai Pancasila.

  1. Mengembangkan dan memantapkan secara sistemik dan sinergis kemampuan kelembagaan Progdi PMTK secara efektif dan efisien.

  2. Mengembangkan sistem evaluasi pendidikan dan pengajaran yang berkelanjutan.

  3. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran Matematika yang inovatif, berwawasan nasionalisme sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Tujuan

  1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang matematika

  2. Terwujudnya sarjana kependidikan yang profesional dalam bidang pengajaran Matematika, berwawasan kemandirian dan berkepribadian Pancasila.

  3. Terwujudnya sarjana yang dapat mengembangkan ilmu pendidikan dan pengajaran Matematika yang sesuai dengan tuntutan era global

  4. Terwujudnya sivitas akademika yang kritis, inovatif, profesional dan kemandirian dalam berkarya.

KEUNGGULAN (PROGRAM UNGGULAN)

Adanya pelatihan Sempoa dan Jarimatika bagi para mahasiswa Progdi Matematika sehingga diharapkan mereka memiliki keterampilan khusus lainnya selain pelajaran Matematika.

KERJASAMA

Demi kelancaran dalam menunjang misi akademik, Program Studi PMTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan hubungan kerja sama dengan lembaga atau instansi terkait, yaitu antara lain :

  1. SMP dan SMA di Kabupaten dan Kota Tegal, Pemalang, Brebes

  2. MGMP Matematika SMP dan SMA Kota Tegal dan Kabupaten Tegal

  3. UNNES SEMARANG

  4. Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Tegal.

Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan Progdi PMTK sangat aktif yaitu baik kegiatan yang dilakukan di tingkat Progdi, Fakultas, Universitas maupun kegiatan di luar Universitas.

Comments are closed.