Pendidikan Ekonomi ( PE )

PROFIL

Pada saat kelahirannya, Program Studi Pendidikan Ekonomi bernama Jurusan Pendidikan Ekonomi Umum, yang kemudian berubah menjadi Jurusan Pendidikan Dunia Usaha. Keberadaan Program Studi Pendidikan Ekonomi tidak terlepas dari kehendak mempersiapkan Sarjana Pendidikan Ekonomi yang berwawasan keilmuan ekonomi secara komprehensif serta berketerampilan dalam membelajarkan ekonomi.

Izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Ekonomi didasari Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 0395/0/1984 tanggal 29 Agustus 1984. Sebagai lembaga pendidikan tinggi kependidikan, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Pancasakti Tegal harus mampu merespon secara akurat kebijakan pendidikan makro dan perkembangan aspirasi pengguna layanan pendidikannya. Oleh karena itu, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Pancasakti Tegal diupayakan secara seimbang dan proporsional sesuai dengan visi misi, tujuan dan sasaran program studi yang telahditetapkan.

VISI DAN MISI

Visi

Mewujudkan Program Studi andalan dalam Pendidikan Ilmu Ekonomi guna menghasilkan lulusan yang berkompetensi pendidik, dan berwawasan kewirausahaan, pada tahun 2017.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan keguruan dan pendidikan ilmu ekonomi yang berorientasi pada pemenuhan standar kompetensi guru ekonomi.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk peningkatan mutu pembelajaran dan pengembangan ilmu ekonomi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, keguruan, dan ekonomi terutama perkoperasian, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan hubungan kemitraan dengan Pemerintah dan Masyarakat untuk meningkatkan mutu Program Studi dan peranannya dalam masyarakat.

Sasaran

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan Ekonomi yang menguasai Ekonomi dan terapannya secara komprehensif dan terpadu dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,

  2. Menghasilkan sarjana Pendidikan Ekonomi yang mempunyai kompetensi dalam penguasaan teknik pembelajaran Ekonomi,

  3. Menciptakan suasana akademik di lingkungan sivitas akademika yang menunjang pengembangan Ekonomi dan pembelajarannya.

Tujuan

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP – UPS Tegal bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi pendidik dan berwawasan kewirausahaan.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk peningkatan mutu Program Studi, mutu pembelajaran, dan kepentingan masyarakat.
  3. Menciptakan suasana akademik di lingkungan sivitas akademika yang menunjang pengembangan Ekonomi dan pembelajarannya.

Profil Lulusan

  1. Mengetahui dan mempelajari ilmu pengetahuan bidang Ekonomi Koperasi, Akuntansi Koperasi, Komputer Akuntansi, Teknik Pembelajaran Ekonomi dan Kewirausahaan.
  2. Memahami ilmu pengetahuan bidang Ekonomi Koperasi, Akuntansi Koperasi, Komputer Akuntansi, Teknik Pembelajaran Ekonomi dan Kewirausahaan secara komprehensif serta terpadu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan Ilmu Ekonomi dan Koperasi, Akuntansi Koperasi, Komputer Akuntansi, Teknik Pembelajaran Ekonomi dan Kewirausahaan sehingga memiliki kemampuan sebagai tenaga kependidikan yang berkemampuan mengkaji dan menerapkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi koperasi secara profesional dan berjiwa enterpreneurship.
  4. Menguasai secara kritis, kreatif dan inovatif bidang kajian pendidikan dan pembelajaran ekonomi koperasi dan mampu bekerja berdasarkan prinsip profesionalisme serta berjiwa enterpreneurship.

KEUNGGULAN (PROGRAM UNGGULAN)

Koperasi Mahasiswa PE (KOPMA PE) – kewirausahaan

Comments are closed.