Bimbingan dan Konseling ( BK )

PROFIL

Program Studi (Progdi) Bimbingan dan Konseling pada awalnya bernama Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB), berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor: 0395/0/1984, tertanggal 29 Agustus 1984. Selanjutnya berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor: 0389/0/1986 tanggal 22 Mei 1986 nama Program Studi diganti Progdi Bimbingan dan Konseling untuk jenjang S1.

Penyelenggaraan Program Studi Bimbingan dan Konseling bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan di Bidang Bimbingan dan Konseling yang professional, mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian, serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada pendidikan, nilai, dan etika. Pada perkembangan selanjutnya, program studi Bimbingan dan Konseling mendapatkan perpanjangan ijin operasional berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor: 3460/D/T/2003 tanggal 10 November 2003.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadikan Program Studi Bimbingan dan Konseling pada tahun 2016 unggul dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia, dan menghasilkan tenaga kependidikan yang beretika dan memiliki tanggung jawab profesional di bidang Bimbingan dan Konseling.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling yang berbasis pada nilai, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik di sekolah, dan luar sekolah atau masyarakat, dan dalam keluarga.

  2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk membangun nilai dan etika untuk kemajuan peserta didik di sekolah dan di luar sekolah atau masyarakat.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan berdasarkan nilai dan etika sesuai kebutuhan masyarakat dan keluarga.

  4. Menjalankan program kemitraan dengan Pemerintah, Institusi Swasta dan Masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang profesi Bimbingan dan Konseling atau konselor pendidikan berdasarkan nilai dan etika.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan di Bidang Bimbingan dan Konseling yang professional berdasarkan Pancasila.

  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang professional, menguasai ilmu dan pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis pada nilai dan etika.

  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang professional, mampu melaksanakan penelitian dan memanfaatkan hasil penelitian, serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada pendidikan, nilai dan etika.

Sasaran

  1. Terwujudnya Sarjana Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling professional yang berdasarkan Pancasila.

  2. Terwujudnya Sarjana Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling yang menguasai ilmu dan pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis pada nilai dan etika profesi konselor.

  3. Terwujudnya Sarjana Pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang mampu melaksanakan penelitian dan memanfaatkan hasil penelitian, serta mengembangkan profesi konselor pendidikan sesuai dengan nilai dan etika yang berlaku.

Profil Lulusan

  1. Memiliki sikap dan keahlian, serta professional di bidang Bimbingan dan Konseling.

  2. Memiliki kompetensi pedagogis, personal, sosial dan professional yang kompetitif dan berwawasan global.

KEUNGGULAN (PROGRAM UNGGULAN)

Program studi Bimbingan Konseling memfasilitasi pengadaan Assessment Test yang dikelola oleh para Dosen dan mahasiswa untuk dunia luar.

KERJASAMA

Berikut ini merupakan bentuk kerjasama Progdi BK dengan instansi lain:

  1. ABKIN Kota dan Kab. Tegal, Pemalang, dan Brebes.

  2. STIE BPD Jateng.

  3. Pengadaan tes IQ bagi para pelajar SMA dan SMP di wilayah eks-Karisidenan Pekalongan.

  4. SPBE dan SPBU Kab. Brebes.

  5. KPU

  6. Konseling traumatik bagi para korban bencana alam Merapi

Comments are closed.