Visi dan Misi

1. Visi
Pada tahun 2025 Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal menjadi program studi yang unggul dan profesional di wilayah Jawa Tengah dalam bidang Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah yang berjiwa wirausaha dan berkepribadian Pancasila.

2. Misi

Dalam rangka mewujudkan program studi yang unggul dan profesional, berjiwa wira usaha, dan berkepribadian Pancasila, Prodi Pendidikan Bahsa Sastra Indonesia dan Daerah FKIP UPS Tegal melaksanakan misi sebagai berikut.

1)      Mendidik calon guru bahasa, sastra Indonesia, dan daerah yang unggul dan profesional dalam mendidik atau mengajar, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

2)      Mendidik calon guru bahasa, sastra Indonesia, dan daerah  agar mampu berwirausaha, berkepribadian Pancasila, dan bersikap positif  terhadap  bahasa, sastra Indonesia dan daerah.

3)      Mendidik calon guru bahasa, sastra Indonesia, dan daerah yang mampu memberdayakan bahasa, sastra Indonesia dan daerah sesuai dengan perkembangan  dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

2.2 Tujuan dan Sasaran

  • Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, yaitu:

1) Menghasilkan guru bahasa, sastra Indonesia, dan daerah yang unggul dan profesional di tingkat Jawa Tengah dalam mendidik atau mengajar, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat

2) Menghasilkan guru bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang mampu beriwausaha, berkepribadian Pancasila, dan bersikap positif terhadap bahasa, sastra Indonesia dan daerah.

3) Menghasilkan guru bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang mampu memberdayaan bahasa, sastra Indonesia dan daerah sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

  • Sasaran

Untuk mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah sebagai lembaga yang unggul dan profesional di wilayah Jawa Tengah, berjiwa wira usaha, dan berkepribadian Pancasila, sasaran yang akan dicapai  sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana untuk melakukan kegiatan tridarma perguruan tinggi.
  2. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dengan menyiapkan perangkat pembelajaran dengan baik.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan jumlah dan kualitas dosen melalui penambahan dosen, studi lanjut, pelatihan, dan kegiatan akademik lainnya.
  5. Meningkatkan kinerja manajemen prodi melalui pembagian tugas dan tanggung jawab, pengaturan jadwal, pengarsipan dokumen, monitoring dan evaluasi kegiatan prodi dengan baik.
  6. Meningkatkan suasana akademik dan kehidupan kampus dengan baik di lingkungan prodi.
  7. Memberdayakan alumni dan memperkuat jalinan kerja sama dengan pengguna lulusan.
  8. Mengusahakan dan meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Comments are closed.