Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan fakultas dengan jumlah Program Studi terbanyak di Universitas Pancasakti Tegal. Fakultas ini adalah lembaga di Universitas Pancasakti Tegal yang mempunyai fungsi dan peran mempersiapkan calon lulusannya untuk menjadi guru yang profesional dan memiliki akhlak mulia, tanggung jawab serta kompetensi yang unggul. Karakter lulusan tersebut diwujudkan dengan pengembangan dan pola pengajaran yang bervariasi yang meliputi pengajaran yang terpadu untuk membentuk karakter yang kuat berbasis pada kecerdasan profesi, sosial, kepribadian, dan pedagogi.

FKIP sebagai lembaga pendidikan yang memiliki jati diri yang kuat harus mampu memberikan mutu pelayan yang maksimal kepada siapapun dengan penuh rasa tanggung jawab. Mutu jasa pelayanan yang diberikan merupakan bentuk pertanggungjawaban FKIP terhadap dunia pendidikan guna membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter.

FKIP UPS pertama kali didirikan pada tahun 1979 dan mendapatkan pengesahan pada tahun 1980. Dalam perkembangannya, sejak tahun 1995 sampai saat ini, FKIP menaungi 6 Program Studi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah (PBSID), Pendidikan Matematika (PMTK), Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Bimbingan dan Konseling (BK), dan Pendidikan Ekonomi (PE). FKIP telah berhasil membawa 6 Program Studi yang dimiliki menjadi status terakreditasi.

Memasuki usia 32 tahun, kepercayaan masyarakat terhadap FKIP semakin bertambah. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya jumlah lulusan sekolah menengah atas yang mendaftar sebagai calon mahasiswa dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Selain jumlah rasio penerimaan mahasiswa yang semakin meningkat, FKIP juga telah dipercaya untuk melaksanakan PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang telah berjalan pada tiga jurusan berbeda meliputi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan Ekonomi, dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Berpijak pada jati diri FKIP dan tuntutan stakeholders, maka azas otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan kualitas selalu dibangun dan dikedepankan dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan FKIP. Secara bertahap dan berkesinambungan FKIP terus melakukan peningkatan mutu baik mutu Sumber Daya Manusianya (SDM), pelayanan di bidang akademik, administrasi, kemahasiswaan, maupun sarana dan prasarana.

FKIP telah memiliki 4 orang bergelar Doktor dan 8 orang calon Doktor. Dari 46 Dosen Tetap dan 10 Dosen kontrak, 95% dosen telah bergelar Magister dan yang lain masih menempuh program S-2. Berkaitan dengan sarana pendukung, FKIP telah memiliki ruang kelas yang cukup memadai, 3 laboratorium Bahasa, 2 Laboratorium Komputer, dan Laboratorium Micro Teaching yang representatif, berikut sarana-sarana pendukung lain seperti komputer, LCD, OHP, dan sebagainya.

Pengelolaan FKIP Universitas Pancasakti Tegal mengacu kepada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, dan Statuta Universitas Pancasakti Tegal. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat oleh semua program studi di FKIP dilakukan secara seimbang dan proporsional, sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan FKIP dan masing-masing program studi.

Untuk menjawab berbagai tantangan-tantangan dan peluang-peluang yang memungkinkan, FKIP membuat perencanaan-perencanaan strategis yang lebih mantap dan lebih akuntabel seiring dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan harapan para stakeholders karena FKIP harus mampu menjadi institusi andalan yang mampu bersaing di masa mendatang.

Comments are closed.