Dosen Pendidikan Matematika Melaksanakan Program Hibah Dikti IbM

Tiga dosen program studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal yaitu Dian Nataria Oktaviani S.Si., M.Pd., Rizqi Amaliyakh S., M.Pd., dan Herani Tri lestiana, M.Sc. melaksanakan kegiatan program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) pada minggu ke-3 bulan Juli di SMP N 1 Talang, Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut merupakan program hibah Dikti tahun anggaran 2017 dengan judul “Penyusunan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Geogebra untuk SMP/MTs se-Kecamatan Talang kabupaten Tegal”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 guru matematika yang berasal dari lima SMP/MTs di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, yaitu SMP N 1 Talang, SMP Walisongo Talang, SMP Plus NU 01 Penawaja Talang, MTs NU Mambaul Hikmah, dan MTs NU Wahid Hasyim. Pada acara pembukaan, turut hadir Kepala Sekolah dari lima SMP dan MTs yang tersebut, Kepala LPPM UPS Tegal Drs. Ponoharjo, M.Pd.,, dan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Taufik Hidayat, S.Pd. M.M., yang sekaligus membuka acara.

Pembukaan Kegiatan IbM Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbantuan Geogebra SMP/MTs se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Latar belakang kegiatan ini adalah masih terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika pada sekolah-sekolah mitra. Oleh karena itu, tim pengusul mengusulkan program IbM ini yang bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi guru matematika SMP/MTs tentang penggunaan software Geogebra. Software geogebra merupakan software matematika yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaian soal-soal matematika dan memvisualisasikan konsep-konsep matematika. Penggunaan software Geogebra bisa membuat materi matematika lebih menarik karena menampilkan visualisasi konsep matematika sehingga diharapkan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Pemaparan Materi Geogebra

Selain mengenalkan software Geogebra, tim pengusul juga memberikan materi tentang media pembelajaran, baik media fisik maupun media elektronik dalam bentuk Power Point maupun Flash Player.

Pemaparan Materi Media Pembelajaran

Peserta pelatihan terlihat antusias mengikuti setiap kegiatan yang diberikan. Para peserta mempraktekkan materi Geogebra yang disampaikan pada laptop masing-masing dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa program studi Pendidikan Matematika UPS Tegal. Dari materi-materi yang disampaikan oleh tim pengusul, diharapkan para peserta bisa menerapkan penggunaan software Geogebra dan berbagai media pembelajaran di kelas masing-masing. Para peserta menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap pelatihan-pelatihan yang serupa dengan topik yang lain bisa dilaksanakan lagi di waktu mendatang.

 

( admin )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>